MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DEBAT PENDIDIKAN
Tolhah SMP Negeri 14 Kota Serang
Keywords:
Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Metode DebatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran 2) meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran ; mampu berargumentasi dengan cara menganalisis suatu masalah dan mampu berbicara didepan umum 3) mengetahui efektifitas tindakan kelas yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki kinerjanya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan memutar dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 9A SMP Negeri 14 Kota Serang Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi kinerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tabulasi dan persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas pembelajaran sebesar 30% (dari 35% menjadi 65%), sementara hasil belajar mengalami peningkatan 26% (dari 60% menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode debat sebagai salah satu metode pembelajaran dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitasnya dalam menumbuhkan kemampuan peserta didik berargumentasi, menganalisis suatu masalah serta melatih kemampuan berbicara dihadapan orang banyak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 TOLHAH TOLHAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.