MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI SHARING DAN MEDIA AUDIO VISUAL
Cecep Nikmatullah, SMP Negeri 1 Kota Serang
Keywords:
Hasil belajar, Metode, Sharing, Media audio visualAbstract
Materi Qadar dan Qadar termasuk dalam aspek keimanan dipelajari siswa melalui metode ceramah. Saat pembelajaran di kelas, hasil belajar siswa siswa yang terlibat aktif dalam kegiatan belajar ini hanya 40%. Selain itu hasil tes formatif yang diberikan menunjukkan bahwa hanya 60% siswa yang tuntas dalam belajar dengan daya serap 65. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan lebih berkesan dan bermakna. Hasil belajar siswa meningkat, dan lebih termotivasi untuk menerapkan pengetahuan yang diwujudkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IX-F SMPN 1 Kota Serang, berjumlah 36 siswa Muslim; 16 laki-laki, dan 20 perempuan. Pendekatan penelitian tindakan kelas yaitu kualitatif deskriptif, terdiri dari dua siklus. Desain setiap siklus melalui empat tahapan; menyusun perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari pengamatan selama pelaksanaan tindakan dan tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalu tes tertulis pada akhir pelajaran, dimana pada siklus I terdapat 22 siswa (61,1 %) dinyatakan tuntas, dan 14 siswa (38,9 %) belum tuntas dengan daya serap 74,4 %. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 36 orang (100 %) mencapai ketuntasan, daya serap siswa yaitu 83,9 %. Hasil tersebut memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa selama proses pembelajaran.Downloads
Published
03-01-2022
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.