UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK
Gunari , SMPN 1 Koroncong Pandeglang Banten
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui model pembelajaran mind mapping pada materi Sejarah Tradisi Islam di Nusantara bagi siswa kelas kelas IXB SMPN 1 Koroncong, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi sejarah tradisi Islam di nusantara melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping pada kelas IXB SMPN 1 Koroncong. Penelitian yang dilakukan
adalah penelitian tindakan kelas dengan memutar 2 siklus. Subyek penelitian peserta didik kelas IX B SMP Negeri 1 Koroncong Kabupaten Pandeglang. Jumlah siswa 27 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data teknik tes dengan menggunakan butir soal tes pilihan jamak. Sedangkan alat pengumpulan data teknik non tes menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan mind mapping dalam pembelajaran PAI dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX B SMP Negeri 1 Koroncong pada materi Sejarah Tradisi Islam di Nusantara, indikatornya adalah nilai rata-rata 86,36. adapun nilai terendah 70 dan tertinggi 100 dengan KKM Kompetensi Dasarnya 80. Dari 27 orang siswa hanya dua orang yang belum tuntas atau hanya 7,41% yang tidak tuntas sementara 92,59% siswa telah tuntas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.