MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWUDHU DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII D SMPN 2 WARUNGGUNUNG
Mugni Wahid
Keywords:
Minat, Aktivitas Belajar, Keterampilan Bersuci (Wudhu), Metode DemonstrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, minat belajar dan keterampilan dalam bersuci (wudhu) peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Warunggunung dengan menggunakan metode demonstrasi. Jenis penelitian adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Warunggunung tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi dan angket. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes bersuci (wudhu). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode
demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar, minat belajar dan keterampilan bersuci (wudhu) peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Warunggunung. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar peserta didik rata-rata prosentase pada siklus I sebesar 52,31% meningkat 28,38% pada siklus II menjadi 85,83%, skor akhir minat belajar peserta didik pada siklus I sebesar 3,45 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,70, begitu juga keterampilan peserta didik mengalami peningkatan dari hasil rata- rata tes bersuci (wudhu) pada siklus I sebesar 62,73 meningkat 7,79 pada siklus II menjadi 84,04. Begitu pula prosentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari 23,08% meningkat 76,92% menjadi 100,00%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.