UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM ISLAM TENTANG HEWAN SEBAGAI SUMBER BAHAN MAKANAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Aat Jumiat, SMPN 3 Saketi Pandeglang
Keywords:
Aktifitas Belajar, Model Pembelajaran Tipe JigsawAbstract
Suatu laporan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 3 Saketi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pemilihan materi ajar memahami hukum islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai upaya untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.
Penentuan kelas VIII B sebagai kelas model penelitian didasarkan temuan bahwa beberapa siswa kelas VIII B kurang memahami materi hukum islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan, dibandingkan dengan kelas lain, hal ini disebabkan kurangnya aktivitas dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Masalah lain yang sangat memprihatinkan peneliti adalah temuan bahwa masih banyak siswa yang tergolong pandai berdasarkan nilai ulangan, tetapi tidak pandai menghubungkan keterkaitan antara hukum Islam secara teoritis dengan penerapannya secara praktis dalam kehidupan. Oleh karena itu penulis mencoba melakukan inovasi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, sebagai upaya untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas VIII B SMPN 3 Saketi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi penulis (guru) dalam pemilihan model pembelajaran PAI; memberikan masukan yang berarti bagi instansi pemerintah cq. Dinas Pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan; serta dapat memberikan sumbang saran yang positif bagi para guru-guru PAI di lapangan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dikembangkan peneliti untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan di kelas VIII B SMPN 3 Saketi . Aspek yang diamati dalam setiap siklusnya adalah aktivitas belajar siswa pada materi hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: hasil pengamatan, tugas, dokumen dan catatan-catatan lain yang terkait dengan penelitian. Data yang diambil adalah data kualitatif, yang menggambarkan keaktivan belajar siswa.
Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil refleksi dengan mitra peneliti, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara efektif dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini didasarkan fakta yang menunjukkan adanya keunggulan model pembelajaran kooperatif jigsaw, diantaranya: a) Cocok digunakan untuk usia siswa SMP; b) mudah dan murah; c) mengutamakan kerjasama teman sebaya; d) menyenangkan dan tidak membosankan; e) saling menunjang; dan f) siswa aktif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.