165 | Volume 1 Edisi 2 Desember 2021 KONTRIBUSI PELATIH AHLI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH PENGGERAK

Aat Jumiat, SMPN 3 Saketi Pandeglang

Authors

  • Aat Jumiat Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Banten

Keywords:

pilot project, pelatih ahli, program Sekolah Penggerak

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa saat ini pemerintah melalui kemendikbud ristek telah meluncurkan pilot project program Sekolah Penggerak (PSP), yang diikuti 2500 sekolah seindonesia tahun 2021, termasuk di dalamnya SMPN 3 Saketi. Upaya pemerintah ini perlu disambut baik, karena bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran paradigma baru dalam rangka mewujudkan profil Pelajar Pancasila.
Dalam mendukung pelaksanaan program Sekolah Penggerak, pemerintah menghadirkan berbagai intervensi dari pemangku kepentingan, termasuk pelatih ahli. Pelatih ahli inilah yang secara intens mendampingi pelaksanaan program Sekolah Penggerak. Dalam setiap bulan pelatih ahli hadir memberikan penguatan terhadap kepala sekolah dan guru yang ikut diklat komite pembelajaran (DKP) melalui kegiatan pendampingan forum manajemen office level sekolah (PMO), coaching dengan kepala sekolah, lokakarya, kegiatan forum pemangku kekepentingan daerah (LPMP), dan lain-lain. Kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring.
Dari uraian diatas penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: 1) bagaimana pelaksanaan program Sekolah Penggerak di SMPN 3 Saketi; 2) bagaimana peran pelatih ahli dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah pada Sekolah Penggerak. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan program Sekolah Penggerak di SMPN 3 Saketi; 2) mengetahui bagaimana peran pelatih ahli dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah pada Sekolah Penggerak.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan trianggulasi sumber yakni teknik untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama seperti angket dengan menggunakan aplikasi gform, pengamatan, observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang peran pelatih ahli dalam meningkatkan kinerja kepala sekolah pada Sekolah Penggerak. Aktivitas dalam analisis data dengan mereduksi data, penyajian data secara sistematis dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran pelatih ahli dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah pada Sekolah Penggerak, dapat membantu program Sekolah Penggerak, memberikan motivasi, dan memberikan solusi terhadap hambatan pada Sekolah Penggerak, dalam bentuk kegiatan berbagai pendampingan secara daring dan luring.

Downloads

Published

18-02-2023