PENYUSUNAN PERANGKAT PAS/AAS PAIBP DAN BTQ TERSTANDAR TINGKAT SMP KABUPATEN SERANG
Rahimuddin, SMPN 2 Bojonegara, Kab. Serang, Banten
Keywords:
Penilaian, sumatif, perangkat PAS/AAS, terstandarAbstract
Penilaian merupakan salah satu unsur dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang harus dilakukan oleh guru terhadap siswa. Penilaian dapat dilakukan dalam bentuk penilaian harian, penilaian formatif, dan penilaian sumatif. Penilaian meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Kegiatan Penilaian sumatif biasanya dilakukan dalam bentuk Penlaian Akhir Semester (PAS) dan Penlaian Akhir Tahun (PAT) atau dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) nama PAS/PAT diganti menjadi Asesmen Akhir Semester (AAS) dan Asesmen Akhir Tahun (AAT). Walaupun penyusunan naskah soal merupakan wewenang guru pada setiap satuan pendidikan, namun diperlukan naskah soal yang terstandar untuk tingkat kabupaten/kota. Tujuan penelitian/studi ini adalah untuk mengetahui tentang kegiatan penyusunan perangkat PAS/AAS Mata Pelajaran PAIBP dan BTQ Tingkat SMP Kabupaten Serang yang diselenggarakan oleh MGMP dan MKKS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survey dan studi kasus dengan tujuan untuk mengetahui gambaran fenomena yang terjadi. Dalam hal ini penulis terlibat langsung dalam pembuatan perangkat PAS/AAS tersebut. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian/studi tersebut adalah dapat mengetahui dan mempraktikkan ketentuan penulisan perangkat PAS/AAS yang baik dan benar sesuai dengan standar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.