PERANAN STAKEHOLDER DALAM PROGRAM TUNTAS BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP NEGERI 2 BOJONEGARA KABUPATEN SERANG
Rahimuddn, SMPN 2 Bojonegara
Keywords:
Al-Qur’an, pembelajaran, baca tulis, metode, stakeholderAbstract
Baca Tulis Al-Qur’an merupakan salah satu program sekolah baik negeri maupun swasta yang harus dituntaskan setiap tahunnya. Adanya sebagian peserta didik di SD, SMP, SMA, dan SMK yang belum mahir atau belum dapat membaca Al-Qur’an sama sekali tentu sangat menghambat tercapainya ketuntasan belajar pada peserta didik khususnya dan program sekolah pada umumnya. Kurangnya kemampuan dalam membaca Al-Qur’an juga akan berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, mengetahui data peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an, dan mengetahui program atau metode yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah dalam menuntaskan program baca tulis Al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah mengadakan uji kemampuan terhadap peserta didik dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, mengadakan wawancara dengan guru BTQ dan PAI serta peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab kurangnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, mengetahui jumlah peserta didik yang harus diberikan pembinaan, dan program atau metode yang harus dilakukan untuk menuntaskan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah bahwa peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an harus segera dituntaskan dengan program dan metode yang tepat serta melibatkan unsur-unsur stakeholder sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.