Peningkatan Pemahaman Peserta Didik DALAM Materi Al-Qur’an Melalui Model Make A Match
Ratnawati, SMPN 1 Pontang Kab. Serang
Keywords:
Pemahaman, Materi al-Qur’an, Model, Make a MatchAbstract
Dalam materi Pendidikan Agama Islam tidak terlepas dari penggunaan ayat-ayat al-Qur’an yang harus disampaikan kepada peserta didik. Banyak peserta didik yang sudah bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, tetapi tidak sedikit dari mereka yang belum bisa membaca dengan baik, bahkan tidak bisa membacanya. Hal ini menjadi kendala ketika guru akan menyampaikan materi yang berkaitan dengan bacaan ayat al-Qur’an.
Atas dasar itulah, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas, dengan sampel 1 (satu) kelas sebagai subyek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkat kan pemahaman Peserta Didik Dalam Materi Al-Qur’an Melalui Model Make A Match di Kelas VIII-C SMPN 1 Pontang Kabupaten Serang. Hasil penelitian dianalisis dan dievaluasi mengenai model pembelajaran Make A Match yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, diperoleh simpulan bahwa melalui Model Make A Match, peserta didik terbangun motivasinya memahami Materi Al-Qur’an yang bermanfaat khususnya dalam penguatan dan daya ingat terhadap bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan menyenangkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.