HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK
Hendi Suhendi, SMPN 7 Rangkasbitung
Keywords:
Talking Stick, Hasil Belajar, Iman Kepada hari akhirAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi iman kepada hari akhir; motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi iman kepada hari akhir melalui Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick . Metode Penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis deskriptif kuantitatif, Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, test, dan catatan refleksi. Teknik analisa data yang digunakan dalam PTK ini adalah melakukan refleksi terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil analisa data pada siklus I sampai siklus II yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Peningkatan hasil belajar terlihat pada hasil belajar siklus II. Nilai rata-rata pada siklus I 78,10 dan pada siklus II mencapai 83,39. Jumlah siswa mencapai KKM pada siklus I sebanyak 17 dari 28 siswa (60,71%) sedangkan pada siklus II sebanyak 27 dari 28 siswa (96,43%). Sehingga hipotesis “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan agama Islam siswa pada materi iman kepada hari akhir bagi siswa kelas IX B SMPN 7 Rangkasbitung Semester ganjil Tahun 2022/2023“ dapat diterima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.