PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PUASA WAJIB DAN PUASA SUNAH DENGAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW
Zakki Afroni, SMPN 1 Watukumpul
Keywords:
hasil belajar, materi puasa, pembelajaran kooperatif jigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan: a) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan model jigsaw dapat meningkatkan kemampuan memahami materi puasa wajib dan puasa sunah, b) mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami materi puasa wajib dan puasa sunah dengan model jigsaw c) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa dalam memahami materi puasa wajib dan puasa sunah dengan pembelajaran kooperatif jigsaw.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) bagaimana proses pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi? b) seberapa besar peningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi puasa wajib dan puasa sunah dengan model jigsaw? c) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa dalam memahami materi puasa wajib dan puasa sunah dengan model jigsaw?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMPN 1 Watukumpul. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu, pra siklus (53,13%) siklus I (65,63%), siklus II (81,25%).
Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat meningkatkan kerjasama siswa serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran PAI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.