PEMANFAATAN METODE PRASMANAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR MURID DI SDN MENANGGAL 601 SURABAYA TAHUN 2023/2024
Achmad Zainal Abidin, SDN Menanggal 601 Kota Surabaya Jawa Timur
Keywords:
Metode Prasmanan, kebutuhan belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan
metode prasmanan dalam memenuhi kebutuhan belajar murid. Pemenuhan kebutuhan belajar penting untuk dilakukan guru agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada awalnya, studi ini menunjukkan belum terpenuhinya kebutuhan belajar murid sehingga hasil belajar rendah. Dengan latar belakang kesiapan belajar, minat, dan profil belajar yang berbeda tapi mendapatkan perlakuan yang sama sehingga kebutuhan belajar murid tidak terakomodasi secara keseluruhan. Padahal pemenuhan kebutuhan belajar murid sangat berpengaruh pada hasil belajarnya.
Melalui penelitian tindakan kelas, artikel ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode prasmanan untuk memenuhi kebutuhan belajar murid. Pembelajaran dengan metode prasmanan dilakukan dengan mengajak murid memilih sendiri skenario dan media pembelajaran yang mereka inginkan. Sebagai evaluasi, dilakukan beberapa asesmen, yaitu asesmen awal, asesmen proses, dan asesmen akhir. Murid diberikan tugas sesuai dengan skenario pembelajaran dan belajar dengan media yang
dipilihnya.
Dari hasil evaluasi, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan terpenuhinya kebutuhan belajar, hasil belajar murid menunjukkan
peningkatan. Ada 4 murid yang memperoleh nilai di bawah 70, sedangkan 11 murid mendapatkan nilai 70-85, dan yang mencapai nilai 86-100 ada 21 murid. Hal ini berarti murid yang memperoleh nilai di atas KKM (kriteria ketuntasan minimal) sudah mencapai 88,8%, artinya bahwa pembelajaran dengan metode prasmanan memenuhi kebutuhan belajar sehingga hasil belajar meningkat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.