PSIKOLOGI BEHAVIORISME DAN PEMBELAJARAN
Nurkaman, MTs Negeri 5 Pandeglang Kab. Pandeglang Prov. Banten
Keywords:
Psikologi, pembelajaran, classical conditioning, connectionism, pengkondisian operant, behaviorismeAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya banyak problematika dalam pembelajaran dengan tidak mengindahkan pendekatan psikologi untuk mengungkap permasalahan-permasalahn belajar yang di alami oleh sebagian besar para peserta didik, yang menunjukkan motivasi dan perolehan hasil belajar rendah. Untuk memecahkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian kepustakaan atau libarary research yang bertujuan untuk mencari hubungan teoritik antara efek psikologi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain, mengetahui pelaksanaan pendekatan psikologi dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian ini mengkaji beberapa teori psikologi yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Hasil penelitian kepustakaan ini menunjukan bahwa pendekatan psikologi mampu mempengaruhi proses pembelajaran. Dengan pendekatan psikologi yang baik maka peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang lebih humanis dan menyenangkan sehingga dalam pembelajaran terjadi kondidi lebih menarik dan membuat para peserta didik belajar lebih nyaman dan semangat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.