INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA MATERI AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Afif Khodza Zudmurod, SMP Negeri 4 Demak Jawa Tengah
Keywords:
pembelajaran diferensiasi, materi akhlakAbstract
Inovasi media pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh munculnya problematika yang muncul dalam proses pembelajaran seperti menurunnya nilai akhlak desertai didik, pembelajaran yang diterpakan belum mengacu pada pembelajaran paradigma baru yang mengakomodir kebutuhan peserta didik karena masihbersifat Teacher Centered, pembelajaran masih bersifat pasif dan membosankan, dan belum memanfaatkan teknologi digital. Oleh karena itu tujuan inovasi media pembelajaran yang dikembangkan ini diharapkan dapat mengatasi problematika-problematika tersebut, sehingga tercipta inovasi media pembelajaran berdiferensiasi pada materi akhlak yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis digital yang dapat diakses di berbagai perangkat seperti personal computer (pc), laptop, tablet, android dan iphone secara online. sesuai dengan perkembangan peserta didik dan juga disesuaikan dengan kebutuhan gaya belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam inovasi ini adalah metode pengembangan Research and Development (R &D) yang dikembangkan oleh Sugiyono. Dan hasil ujicoba terhadap peserta didik pada kelas 8H menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 11,42% dari nilai sebelumnya. Jadi inovasi media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.