STRATEGI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MANBA’UL ULUM KABUL PRAYA BARAT DAYA LOMBOK TENGAH
Ahmad Mubarok, Universitas mayjen Sungkono, Mojokerto
Keywords:
Strategi, Guru Akidah Akhlaq, Akhlak SiswaAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strateg guru akidah akhlak dalam mimbina akhlak siswa dan untuk mengentahui faktor- faktor yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam membina akhlak siswa di kelas XI MA Manbaul Ulum Kabul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentası, serta analisi datanya dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di kelas XI MA Manbaul Ulum adalah (1) Mengajarkan dan Menasehati Anak tentang Pendidikan Akhlak, (2) Memberikan Keteladanan Kepada siswa, (3) Memberikan Perhatian dan Pengawasan Perhadap Tingkah laku Siswa, (4) Membiasakan Siswa Melakukan Kegiatan atau Perbuatan yang Baik. Sedangkan faktor pendukung dalam membina akhlak siswa adalah (1) kualitas guru yang memadai, (2) komunikasi yang baik antar guru, (3) dan adanya ketua yayasan. Namun faktor penghambatnya adalah: (1) ringannya sangsi yang diberikan kepada siswa yang melanggar, (2) kurangnya perhatian dan pembinaan dari orang tua, (3) dan faktor arus globalisasi modern.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.