PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SCHOOLOGY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 KOTA TANGERANG
Solikhatun, SMPN 1 Kota Tangerang
Keywords:
Pemanfaatan Media Sosial Schoology, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari artikel penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa melalui pemanfaatan
media sosial schoology dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.E SMP Negeri
1 Tangerang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 1 Kota
Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Pokok bahasan materi empati hormat
kepada orang tua dan guru, di semester genap dengan jumlah siswa 34 siswa. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai aktifitas belajar siswa di awal 71.8
dan di akhir proses pembelajaran rata-rata sebesar 83.8, maka terjadi peningkatan
aktifitas belajar siswa sebesar 16.71 %. Dan data hasil belajar siswa pada siklus kesatu
hasil belajar Pendidikan Agama Islam adalah 64.41 sedangkan pada siklus kedua hasil
belajar Pendidikan Agama Islam adalah 82,94, maka terjadi peningkatan 28.77 %.
Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial schoology dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti pokok bahasan materi empati hormat kepada orang tua dan guru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Solikhatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.