PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA SERANG

Cecep Nikmatullah

Authors

  • Cecep Nikmatullah SMPN 1 Kota Serang

Keywords:

konsep, pendidikan Islam, lembaga, pendidikan Islam ABSTRACT The concept

Abstract

Konsep pendidikan Islam pada dasarnya telah mencakup seluruh tujuan pendidikan yang selama ini diserukan negara-negara di dunia, termasuk Barat. Sebab hanya Islam, pendidikan yang bermisi sebagai pelayan kemanusiaan guna mencapai kebahagiaan individu dan masyarakat. Pendidikan Islam dapat diakui keberadaannya dalam sistem pendidikan nasional, yang secara garis besar dibagi kepada tiga hal. Pertama, pendidikan Islam sebagai lembaga; kedua, pendidikan Islam sebagai mata pelajaran; dan ketiga, pendidikan Islam sebagai nilai (value).Sehingga pendidikan Islam secara eksplisit sebagai lembaga yang diakuinya keberadaan lembaga pendidikan Islam. Pendidikan Islam sebagai mata pelajaran diakuinya pendidikan agama sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan pada tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Berikutnya, pendidikan Islam sebagai nilai, yakni ditemukannya nilai-nilai Islami dalam sistem pendidikan nasional. Berdasarkan latar belakang di atas, tulisan ini akan mengusik untuk dibaca agar dapat menyadarkan semua pihak, bahwa keberhasilan pendidikan hanya akan dicapai apabila seluruh komponen pendidikan, termasuk lembaga pendidikan Islam dapat memenuhi tugas dan kewajibannya secara cermat dan tepat. Tulisan ini pun akan membuka ruang cakrawala seluas-luasnya untuk berpikir, bahwa konsep pendidikan Islam tidak kaku dan hanya terpaku pada metode klasik dan konservatif semata, namun inovasi secara tepat melalui pendekatan metode pengajaran justeru akan mempercepat pencapaian keberhasilan pendidikan Islam di Kota Serang.

Downloads

Published

29-07-2025