MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF MADRASAH DAN PESANTREN DI ERA KURIKULUM 2013
Mohammad Syaefullah, dkk. Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
Keywords:
Manajemen Kurikulum Integratif, Kurikulum Madrasah, Kurikulum PesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen kurikulum integratif antara madrasah dan pesantren di MTs NU Patrol Kabupaten Indramayu dan Pondok Pesantren Asy-Syarifiyyah Sunan Gunung Jati. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena degradasi moral yang mengkhawatirkan di kalangan peserta didik, serta pentingnya integrasi nilai-nilai agama dalam kurikulum formal madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multisitus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum integratif dilakukan melalui integrasi tujuan dan isi kurikulum. Pelaksanaan kurikulum dilakukan melalui penyelarasan program dan supervisi pelaksanaan. Evaluasi kurikulum dilakukan secara koordinatif dengan pendekatan evaluasi konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi kurikulum madrasah dan pesantren dapat menjadi solusi strategis dalam penguatan karakter peserta didik secara menyeluruh.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.