PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS BOOK CREATOR UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI MATAN HILIR UTARA KABUPATEN KETAPANG
Jamani, dkk. Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto Jawa Timur
Keywords:
Pengembangan, Modul digital PAI dan Budi Pekerti, Book creatorAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Menghasilkan modul digital Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Book creator untuk Kelas X SMA Negeri 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang. 2) Menganalisis kelayakan, kepraktisan dan keefktifan modul digital Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Book creator untuk Kelas X SMA Negeri 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang. Sedangkan jeiniis peineiliitiian yaitu penelitian dan pengembangan (reiseiach and deiveilopmeint atau R&D) dengan modeil pengembangan ADDIiE (Analysis, Development, Design, implementation dan evaluation). Hasil dari penelitian ini diperoleh kelayakan modul digital darii hasiil valiidasii ahlii mateirii 94,1 %, aspeik peindahuluan 93 %, deingan catatan ahlii mateirii sudah layak diigunakan dii lapangan dan tanpa ada reiviisii. Seilanjutnya Hasiil valiidasii ahlii meidiia diipeiroleih 97,1 %, kateigorii sangat layak deingan reintang 90%-100 % tanpa ada reiviisii. Keipraktiisan diipeiroleih darii guru 93,20 % dan keilompok keiciil 92,05 % deingan masiing-masiing 2 orang siiswa deingan kateigorii tiinggii, 92,30 %, 2 siiswa kateigorii seidang 90,77 % dan 2 orang siiswa deingan kateigorii reindah 93,08 %, beirkateigorii sangat praktiis untuk diigunakan. Selanjutnya Keieifeiktiifan Modul diipeiroleih hasiil teis post teist 80,78 %, posteist keilas kontrol 70,63 %, peiniingkatan seibeisar 10,16 %. Modul digital Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Book creator sebagai alternatif bahan ajar yang sangat layak, praktis dan efektif digunakan untuk siswa dalam pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.