PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN AL-HADIS (TELAAH Q.S. LUQMAN/31:12-19,Q.S. AL-ISRA’/17:23-24, Q.S. AL-NISA’/4:9 DAN HADIS NABI SAW)
Aat Jumiat, SMPN 3 Saketi Pandeglang
Keywords:
didikan Anak, Al-Quran, Al-HaditsAbstract
Penelitian ini bertujuan a). untuk mengetahui konsep pendidikan anak menurut surah Lukman ayat 13-19?, b) untuk mengetahui Konsep Pendidikan pada surah An-nisa ayat 9?,c) untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam perspektif Al-qur’an surah al-Isra’/17:23? dan d). untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam perspektif al-hadis?
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a). Bagaimana konsep pendidikan anak menurut surah Lukman ayat 13-19?, b) bagaimana Konsep Pendidikan pada surah An-nisa ayat 9?,c) Bagaimana konsep pendidikan anak dalam perspektif Al-qur’an surah al-Isra’/17:23? dan d). Bagaimana konsep pendidikan anak dalam perspektif al-hadis?
Penelitian ini menggunakan penelitian studi literasi dan dokumentasi. Langkah penelitian meliputi perencanaan, kemudian membaca Ayat al-Quran dan hadits serta literasi tafsir-tafsir al-Quran yang populer kemudian disimpulkan.
Dalam ajaran Islam, anak merupakan anugerah dan amanat dari allah swt yang harus dididik dan dibina, pendidik adalah segala usaha yang harus dilakukan untuk mendidik anak, sehingga anak bisa dapat berkembang dan tumbuh serta memiliki potensi atau kemampuan sebagaimana mestinya.
Orang tua adalah termasuk unsur utama yang termasuk dalam pendidikan anak, dari proses kejadian, pertumbuhan dan perkembangannya, orang tua dapat menentukan, mau dijadikan apa anak mereka dikemudian kelak.
Ketika anak baru lahir disunnahkan untuk melakukan aqiqahan sebagai ungkapan rasa syukur, dan diberi nama yang baik dan mencukur rambutnya serta memberi pendidikan kepada anaknya mulai dari menulis, berenang, dan pendidikan ekonomi, juga memberi pendidikan dan pengajaran dalam hal ibadah yaitu dengan mengajarkan shalat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TSIQOH : Jurnal Pendidikan Agama Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.